Tionghoa

Rabu, 13 Januari 2010

Persembahan upacara

Tata Upacara Tri Dharma yang kita laksanakan sekarang inimerupakan suatu cara persembahan dengan menggunakan sarana2 persembahan sebagai suatu lambang yang mengandung makna2 tertentu, jadi tanpa kita mengucapkan doa2 tertentu sarana persembahan yang kita haturkan telah memohonkan sesuai dengan perlambangannya masing2.

Ini merupakan suatu hal yang harus disadari sehingga kita semua dapat dengan suka cita menyiapkan sarana2 persembahan yang dipelukan.
Ini juga menyebabkan dalam Tri Dharma tidak ada doa2 khusus yang perlu di baca, kita dapat secara bebas berdoa.

Tidak ada keharusan dalam menghaturkan sesuatu sebagai persembahan dalam jumlah tertentu. semua itu kita laksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi masing2. tapi ada beberapa pedoman pokok yang perlu dicermati supaya maksud dan tujuan suatu upacara dapat tercapai dengan baik. Harus d ingat upacara sembahyang merupakan pemeliharaan badan rohani kita, dalam hal ini untuk memenuhi suatu prosedur2 tertentu.
Apabila kita dengan teratur mengikuti atau menjalankan rangkaian upacara dalam satu tahun, berarti kita telah berbakti kepada "THIAN"(Tuhan Yang Maha Esa), Dewa2, Kong Co, Leluhur secara lengkap dengan permohonan yang mencakup segala aspek kehidupan.
Betapasempurnanya system yang telah diwariskan para leluhur kepada kita semua. Untuk itu kita berupaya melaksanakannya se baik2 nya. Metode sembahyang selain menggunakan perlambang, dapat juga menggunakan cara lain seperti doa2/mantra, meditasi dan lain2. Karena pada pokoknya memiliki tujuan yang sama hanya caranya yang berbeda, disesuaikan dengan situasi kondisi setempat, waktu, minat serta bakat yang bersangkutan dengan " tidak meninggalkan cara yang utama".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar