Tionghoa

Minggu, 17 Januari 2010

sembahyang Ceng Beng

4. Sembahyang Ceng Beng

Dimulai kira-kira 2 minggu sebelum tgl 5 April tiap
tahun, dilaksanakan dipusara Leluhur dengan makna
menghormati atau menjamu Leluhur.
Persembahan khusus :
. Mengirim kertas warna-warni, baju, sepatu(dari kertas)
dan lain2, asesoris kebutuhan disertai kertas Wang Sen/
Ong Seng sebagai surat doa pengantar.
Ini hanya dilakukan pada bulan Ceng Beng.
Untuk yang Leluhurnya dilakukan pembakaran dan abunya di
tabur di laut, diharapkan melakukan penjemputan ke laut
kemudian jamuan atau sembahyang dapat dilakukan dirumah.
Penjemputan dengan sarana tambahan Sam Seng Ikan.
Umumnya setiap perkumpulan suka duka mengadakan upacara
bersama bersembahyang pada Toa Pek Kongco dan Hoping di
hari Ceng Beng besar sekaligus menutup bulan Ceng Beng.
Ada daerah-daerah yang mengambil 2 minggu sebelum dan
sesudah Ceng Beng sebagai periode ziarah.
Perbedaan ini semua tidak mengurangi makna dan hakekat
Ceng Beng tersebut.

5. Sembahyang Ba Cang

Dilaksanakan pada tgl 5 bulan 5 imlik dengan persembahan
khusus Ba Cang dan Kue Cang dengan jumlah 5 pula di
pnggir pantai. @ada tgl ini(pertengahan musim panas
menurut kelender bulan) posisi matahari tegak lurus dan
berjarak sangat dekat terhadap bumi.
Dapat dikatakan gaya tari dan sinar matahari(kekuatan
positif/yang) mencapai kekuatan maximum, puncaknya pukul
12.00 siang hari yang ditandai dengan telur yang dapat
berdiri dipermukaan datar. Sehingga air, daun, obat dan
lain-lain pada hari itu mempunyai efek maximum.
Air laut(garam) mempunyai sifat menetralisasi/menyerap
segala macam racun/kotoran badan.
Jadi upacara sembahyang Ba Cang disiapkan kira-kira pukul
11.00 siang dan selesai lewat 12.00 siang hari,
dilanjutkan dengan mandi di laut dengan tujuan melebur
segala kotoran lahir batin dan menyerap kekuatan.
Jadi makna dan hakekat sembahyang Ba Cang adalah mohon
pembersihan dan kekuatan lahir batin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar